Tips Bikin Warnet Atau Game Center

Pertanyaan ini adalah pertanyaan yang cukup sering di tanyakan oleh mereka yang akan memulai atau tertarik pada bisnis warnet dan game center. Diantara mereka ada yang kebingungan mau mendirikan warnet saja? game center saja? atau warnet sekaligus game center? Nah untuk menjawab pertanyaan pada judul di atas mari coba kita simak beberapa pertimbangan mendasar dalam menentukan pilihan.

1. Minat Pasar

Secara garis besar, minat user pengguna internet (Browsing, chatting, dll) dengan user game (offline & online) persentase pertumbuhannya sama-sama besar. Setiap waktu senantiasa berjumlah peminatnya. Segmen usia user pengguna internet (Browsing, chatting, dll) mulai dari anak-anak hingga bapak-bapak. Namun segmen usia game rata-rata di dominasi oleh anak-anak dan remaja. Walau ada juga di antara mereka yang dewasa maniak dengan beberapa game online atau game offline.

2. Karakter User

User game & user pengguna internet (Browsing, chatting, dll) memiliki karakter yang berbeda. Berikut ini perbedaan mendasar di antara kedua user tersebut:

User Warnet

  • Lebih senang suasana yang santai, relax, tidak gaduh dan tidak berisik
  • Lebih menyukai bermain di tempat yang nyaman. Kenyamanan tersebut meliputi: kebersihan, sirkulasi udara yang tidak pengap, tidak sumpek, terasa sejuk, dingin & segar. privasi konsumen yang terjaga, operator warnet yang friendly/senang membantu, dll.
  • Lebih menyukai bermain pada warnet yang mempunyai fasilitas lengkap (Tersedia headset, webcam, print, scan, bluetooth, infra red, minuman, cemilan, dll)
  • Untuk masalah koneksi yang penting gak bikin ‘lumutan’ nungguin loading saat browsing. Memang lebih di sukai warnet yang mempunyai koneksi super cepat sekalipun harga perjamnya lebih mahal.

User Game

  • Yang penting asyik, seru, ngga peduli dengan suasana berisik & gaduh.
  • Enjoy aja bermain pada tempat ala kadarnya yang penting gamenya ngga nge lag (putus nyambung) keyboard, mouse, & speakernya enak di pakai ngegame.
  • Lebih menyukai bermain pada tempat yang ramai/banyak teman-temannya.
  • User game biasanya ngga peduli dengan sikap dan tingkahnya saat bermain game. Kadang teriak-teriak karena terbawa emosi saat bermain. Juga menggunakan keyboard, mouse & headset “semau gwe” dampaknya sering terjadi kerusakan pada keyboard, mouse & headset.
  • Sangat tidak menyukai gangguan-gangguan saat bermain game, seperti nge lag, komputer sering hang, dll. Pada faktor ini perlu di perhatikan masalah kestabilan bandwith, dan spek komputer. Komputer untuk game paling tidak menggunakan memory & VGA yang tinggi.

Dan lain-lain… dan lain-lain… silahkan kalau mau menambahkan :D

3. Modal

Ini adalah faktor internal yang di miliki oleh pemilik atau pengelola warnet. Modal yang di miliki sangat menentukan konsep apa yang paling cocok untuk di garap. Warnet? game center? atau keduanya?

Bila ingin mendirikan warnet maka paling tidak anda harus mengkonsep sebaik mungkin masalah dekorasi tempat agar betul-betul di rasakan nyaman oleh pengunjung. Nyaman tidak selalu membutuhkan biaya yang mahal, tinggal pintar-pintar anda saja. Spek PC ngga perlu terlalu tinggi,

Jika ingin mendirikan game center. Yang terpenting adalah pilihan PC dengan spek tinggi juga ISP yang menjamin kestabilan koneksi game online saat di mainkan. Untuk dekorasi tempat & kenyamanan tidak menjadi faktor utama yang harus di pikirkan. So… pada point ini anda bisa melakukan penghematan.

Nah, jika ingin bikin warnet & game center sekaligus. Berarti anda harus memperhatikan budget untuk ketiganya. Yakni dekorasi tempat yang nyaman, spek PC yang tinggi, dan pemilihan ISP yang berkualitas. Dan sebaiknya PC game dengan PC internet di tempatkan pada tempat terpisah. Misal: Internet di lantai 1, Game di lantai 2.

4. Lokasi Usaha

Lokasi usaha juga sangat menentukan bagaimana anda sebaiknya memilih. Jika lokasi perkantoran, tentu anda tidak serta merta akan membuka game center di lokasi tersebut. Paling tidak, pada lokasi perkantoran segmennya lebih tepat user internet.

5. Minat

Ini adalah terkait dengan minat anda sebagai pemilik modal. Anda lebih berminat pada segmen mana yang akan anda tembak. Warnet kah? game center kah? atau keduanya.

So… mau bikin warnet atau game center? semuanya tergantung anda yang mau action pada bisnis ini. Mudah-mudahan analisa di atas dapat menjadi salah satu bahan pertimbangan bagi anda

0 komentar:

Posting Komentar

Pencarian By Mbah Google

My Status

Mengenai Saya

Foto saya
Jepara, jawa Tengah, Indonesia
Becik Ketitik Olo Ketoro

Ngobrol

Tunggal Guru

Cek No HP

Ceebydith HLR Lookup